Home » » Tips Mudah Belajar Microsoft Excel 2007

Tips Mudah Belajar Microsoft Excel 2007

Berbicara mengenai Microsoft excel sebenarnya saya juga tidak begitu banyak Tau Olehnya itu marilah kita sama sama untuk memulai mencari tau tentang cara untuk memulai mengoperasikan Excel yang ada di perangkat kita.
Sebagai permulaan saya akan berangan-angan menjadi Pemilik pabrik Roti Potong Tersukses di indonesia tentulah saya harus tau berapa jumlah Roti yang Laku dijual dalam perhari-nya dan sisa berapa Stock Roti yang saya miliki bahkan sayapun Harus tau berapa Jumlah Roti yang di Produksi Oleh karyawan saya dalam per-harinya.
Untuk hal diatas maka kita akan buat perumpamaan seperti berikut ini dengan  membutuhkan beberapa Rumus
1.
CONTOH PENULISAN
KETERANGAN
KODE
=A1+B1
Rumus penambahan
+
=A1*B1
Rumus perkalian
*
=A1/B1
Rumus Pembagian
/
=A1-B1
Rumus pengurangan
-

Catatan : Setiap penulisan rumus harus diawali dengan tanda samadengan ( = ) tanpa tanda kurung

 A1 dan B1 yang di tulis pada rumus diatas hanyalah penyesuaian saja karena yang ingin dijumlahkan adalah kolom A1 dengan kolom B1

Gambar 01

- Kolom MERAH disebut A1
- Kolom HIJAU disebut B1
- Kolom KUNING disebut A2
- Kolom BIRU disebut B2 dan begitulah seterusnya

2. Selanjutnya mari kita sama sama belajar membuat tabel

Gambar 02

Cara memasukkan rumus adalah :
- Klik Kolom Biru lalu Tulis rumusnya pada arah yang ditunjuk tanda panah kemudian Enter
- Lakukan langkah yang sama untuk Kolom hijau dan Hitam

Rumus yang digunakan
- Untuk kolom Biru        =SUM(C2:C14)
- Untuk kolom Hijau      =SUM(E2:E14)
- Untuk kolom Hitam     =C15-E15

Setelah selesai membuat tabel dan memasukkan rumusnya maka Cobalah sobat memasukkan sembarang angka pada kolom Kuning dan Kolom Merah maka hasilnya akan keluar pada kolom Biru, Hijau dan Hitam

Gambar 03
Keterangan : Jumlah yang terlihat pada Tabel diatas hanyalah perumpamaan saja
Nah saya kira cukup sekian pelajaran singkat tentang Microsoft Excel 2007 semoga dapat bermanfaat bagi Cucu Cucu Saya.. he..he..

CONTOH RUMUS
Gambar 04
Akhir artikel saya Ucapkan terima kasih atas Kunjungan ANDA

1 comments:

  1. Saya belajar exel tapi kadang lupa kegunaan toolnya gimana ini
    Info Tekno

    ReplyDelete

Gunakan Bahasa yang Sopan, Agar komentar anda dapat berguna bagi pengunjung yang lain